Mengatasi Penyakit Diare: Tanda, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Pada hari Selasa, 16 Mei 2023, dalam ruang rawat inap pediatrik, kegiatan konseling unit PKRS berfokus pada penyakit diare. Dahlia, S.Tr. Keb, sebagai narasumber, menyampaikan informasi penting tentang tanda-tanda, penyebab, dan cara-cara mengatasi penyakit diare.
Dahlia menjelaskan bahwa penyakit diare ditandai oleh seringnya buang air besar (lebih dari tiga kali sehari) dengan konsistensi tinja yang encer. Gejala lain yang dapat muncul meliputi dehidrasi, demam, mual, dan muntah.
Dahlia menguraikan beberapa penyebab umum penyakit diare, termasuk infeksi bakteri, virus, atau parasit yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Ia juga menyoroti pentingnya kebersihan tangan dan sanitasi yang buruk sebagai faktor risiko penyakit ini.
Dalam konseling tersebut, Dahlia memberikan beberapa langkah penting untuk mencegah dan mengatasi penyakit diare seperti Menjaga Kebersihan Tangan, Konsumsi Air Bersih dan Aman, Makanan yang Aman, Imunisasi, Rehidrasi
Semua informasi ini diharapkan dapat membantu orangtua dan pengasuh dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka dan mengatasi penyakit diare dengan tepat.

Leave A Reply